Pakaian Khas Bondowoso

  Bondowoso merupakan sebuah kabupaten kecil yang terletak di sebelah timur dari arah kota Surabaya, tepatnya berada pada deretan kota-kota pesisir timur jawa yang bernama daerah Tapal Kuda yang mayoritas penduduknya berasal dari etnis Madura. Tapal kuda terdiri dari beberapa daerah seperti Probolinggo, Besuki, Situbondo dan Bondowoso. Oleh karena itu, penduduk kabupaten Bondowoso terdiri dari etnis Jawa dan Madura atau nama kerennya JAWARA alias Jawa Madura. Perpaduan kultur inilah yang mengilhami terciptanya pakaian khas Kacong Jebbing dan pakaian khas pengantin Bondowoso "Ronggo Sukmo".

   Pakain khas Bondowoso ini merupakan perpaduan antara pakaian khas Madura dengan sentuhan Jawa. Hal ini dapat dilihat dari ikat kepala yang dipakai oleh si pria yang mirip seperti ikat kepala orang madura yang disebut "Odheng". Jika dilihat dari pakaian dalam berupa kaos bermotif garis menyamping warna hijau, mirip sekali dengan kaos bermotif garis merah yang biasa dipakai Pak Sakera dari Madura. Dipadukan dengan beskap (jas) yang menjadi ciri khas pakaian Jawa serta balutan kain batik khas Bondowoso yang menampilkan motif daun singkong yang mencerminkan daerah Bondowoso yang merupakan daerah penghasil singkong sebagai bahan dasar makanan khas Bondowoso "Tape".

   Begitu pula dengan pakaian yang dikenakan oleh si wanita, perpaduan kebaya khas Jawa yang tampak simpel namun tetap elegan dipadu dengan balutan kain batik bermotif singkong khas Bondowoso yang cantik. Pakaian ini juga terilhami dari kebudayaan Jawa dan Madura. Warna hijau dari kedua pakaian ini merupakan cerminan dari daerah Bondowoso yang asri akan tumbuhan hijaunya serta limpahan hasil buminya. 

Pakaian ini biasanya digunakan oleh para Duta Wisata Bondowoso "Kacong Jebbing" di berbagai even.


   "Ronggo Sukmo" merupakan pakaian pengantin khas Bondowoso yang baru diresmikan beberapa tahun belakangan ini. Pakaian ini juga diilhami dari kebudayaan Jawa dan Madura namun tidak meninggalkan ciri khas Kabupaten Bondowoso yakni batik tulis motif singkong.



Sumber Foto :
Koleksi Priadi
Buklet Dinas Pariwisata Kab. Bondowoso 2010

Read Users' Comments (2)

2 Response to "Pakaian Khas Bondowoso"

  1. Cheng Prudjung, on 15 Maret 2011 11.21 said:

    Ayo doong aktif nge-blog kembali...

    biar makin semangat, pajang banner BLOGGER MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI di blog ini, sebagai tanda bahwa kita blogger mahasiswa ilmu komunikasi UMM...

    kalau males ngurusi blog pribadi, mending gabung sebagai kontributor, bebas upload tulisan. ya tinggal upload tulisan aj !!!

    Jangan lupa isi form data base blogger, kunjungi:

    Blog Mahasiswa Ilmu Komunikasi

    Kunjungan kesini juga y:
    Mass mediaa and communication studies

    Kalau mau download buku gratis, disini tempatnya

  2. Syifa Lana, on 25 Juli 2013 11.53 said:

    Cuma isi survei dibayar Rp 2.000,00, sehari bisa survei 100 data berarti dapat Rp 200.000,00, coba aja: http://www.idsurvei.com/survei/dtfariz/ .

Posting Komentar