Kesenian Tradisional Ronteg Singo Ulung

       Singo Ulung ulungSingo tari merupakan seni tradisional dari Kabupaten Bondowoso yang tahunan dilakukan pada ulang tahun ke Bondowoso. Tari tradisional ini diciptakan oleh seorang pria bernama Singo dihormati. Singo adalah nama orang yang datang dari Blambangan. Dia berlari dari Blambangan untuk menyelamatkan diri dan tinggal di desa Blimbing, Kecamatan Klabang - Bondowoso. Singo Ulung dan istrinya Nyi Moena dengan Ki Jasiman, telah membantu dan bekerja sama satu sama lain untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera masyarakat di desa Blimbing. Dia peduli tentang sawah dan masyarakat lainnya yang dibutuhkan. Banyak orang bangga tentang dia. Itu sebabnya, Akhirnya dia memilih untuk menjadi kepala desa pertama dari desa Blimbing.
      Suatu hari, ia memiliki ide untuk menciptakan tari tradisional umum disebut "Singo Ulung" yang dimainkan oleh dua orang. Tarian ini telah diiringi dengan musik khusus yang dapat membuat penonton merasa heran. Seni bersama-sama dengan seni Pojian, seni Ojung selalu menunjukkan pada upacara adat yaitu "Bersih Desa Blimbing" yang selalu diadakan setiap tahun (bulan Sya'ban / Ruwah). Di sisi lain, ini pertunjukan seni bisa dinikmati pada saat tahunan "Hari Jadi Bondowoso" tepatnya pada 16 Agustus.

Sumber : http://www.eastjava.com/tourism/bondowoso/singo-ulung.html

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "Kesenian Tradisional Ronteg Singo Ulung"

  1. novanmo lok, on 31 Juli 2013 07.37 said:

    kesenian singo ulung ini harap dilestarikan ...
    supaya kebudayaan dan kesenian tradisonal yang dimiliki Bondowoso kota tape ini tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara ...
    sangat disayangkan kalau kesenian ini pudar ..

Posting Komentar