Peninggalan Sejarah Dari Jaman Purbakala

  Selain keindahan serta potensi objek wisata, Bondowoso juga menyimpan sejumlah situs purbakala yang bersejarah. Benda purbakala atau situs Megalitikum yang berada di hampir semua kecamatan ini merupakan benda peninggalan jaman purba kurang lebih 1000 tahun lalu.

  Salah satu benda tersebut adalah Sarkofagus. Sarkofagus merupakan bagian dari Situs Megalitik. Ia juga dikenal sebagai "Keranda" yang terbuat dari batu atau jenis wadah lainnya, tetapi memiliki tutup atau penutup juga. Tetap dari periode megalitik ditemukan di pusat kota, di lereng Bukit Besar. Ada batu sarkofagus, patung batu dan kursi batu.

  Fungsinya adalah sama dengan kuburan batu / dolmen. Hal ini muncul di beberapa desa, misalnya, satu ditemukan di desa Glinseran, Wringin kabupaten, sekitar 19 km sebelah barat kota Bondowoso. Jarak antara Bondowoso Wringin adalah sekitar 17 km dan dapat dicapai dengan transportasi umum.

  Ada beberapa benda bersejarah lagi yang tersebar di beberapa tempat misalnya situs Glingseran , Situs Megalith “Menhir”(Desa Wringin, Kecamatan Pakem), situs Pekauman (Kecamatan Grujugan) dan situs Dawuhan Suco Lor (Kecamatan Maesan) 







Sumber Foto : http://bondowosocity.wordpress.com/cerita-80-an/guwa-butho-jireg-bondowoso/

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "Peninggalan Sejarah Dari Jaman Purbakala"

  1. cikkyculu, on 11 Juni 2011 01.21 said:

    wuahhhhhh!!!! ^0^
    trimakasih banyak buat infonya...sangat2 mmbantu saya mengerjakan tugas dari pak guru,,,,hehehehehe
    gbu...

Poskan Komentar