Batik Tulis Sumber Sari Khas Bondowoso

  Batik merupakan sebuah karya anak bangsa yang menjadi khasanah Indonesia yang dapat dibanggakan tidak hanya di Indonesia sendiri, namun hingga manca negara. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Tetapi hampir seluruh daerah di Indonesia mulai Sabang sampai Merauke memiliki batik khas masing-masing khususnya di pulau jawa, seperti Batik Cirebon bermotif mahluk laut, Batik Buketan asal Pekalongan dengan desain pengaruh Eropa beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta, Solo dan Surakarta.
   
  Selain batik-batik terkenal diatas, ada pula kerajinan batik lokal yang mungkin saat ini masih belum begitu mendapat perhatian terutama dari pemerintah yaitu batik khas kabupaten Bondowoso. Batik Khas Bondowoso mengusung konsep Kontemporer, Modern dan tradisional. Ciri khas motif yang dibuat yaitu Motif Singkong dan Motif Tembakau, mengacu kepada daerah asal pembuatan yaitu perbatasan Jember dan Bondowoso yang merupakan daerah penghasil singkong yang merupakan bahan dasar pembuatan makanan khas Bondowoso “Tape” dan tanaman tembakau. Batik Khas Bondowoso dengan motif singkong ini juga merupakan pakaian khas Kacong Jebbing Bondowoso yang merupakan duta wisata kabupaten Bondowoso.
   Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB. UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009 
 
Email: sumbersaribatik@yahoo.com
Website: http://sumbersaribatik.wordpress.com/
Office: Jl. Sukowono I no 7 - 9 Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso
 

Read Users' Comments (3)

3 Response to "Batik Tulis Sumber Sari Khas Bondowoso"

  1. cikkyculu, on 11 Juni 2011 pukul 01.33 said:

    makasi bgt lho...hehehehe

  2. jrux kuning, on 10 Juli 2012 pukul 19.08 said:

    waaah, alhamdulillah baru tahu bondowoso punya motif batik lokal

  3. Unknown, on 26 Maret 2013 pukul 15.24 said:

    bisa dijelaskan filosofi motif batik bondowoso? saya antusia sekali dengan batik bondowoso dan ingin mempelajarinya

Posting Komentar